Pengertian start-up dan contohnya

https://www.kanal.web.id/pengertian-startup-dalam-bisnis


Pengertian Start-up
     startup (start-up) adalah perusahaan yang baru dimulai dengan memanfaatkan teknologi, khususnya teknologi internet.
karakteristik perusahaan startup. Silahkan baca beberapa karakteristik berikut ini:

  1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  3. Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  4. Masih dalam tahap berkembang
  5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  7. Biasanya beroperasi melalui website

Berikut ini merupakan karakteristik-karakteristik startup seperti dikutip dari Berinovasi.com.

1. Usia perusahaan belum lama

Startup dapat diibaratkan sebagai bayi yang baru saja lahir karena setidaknya baru tiga tahun berdiri
2. Jumlah karyawan sedikit
Startup umumnya memiliki karyawan yang sedikit. Meski demikian, bukan berarti startup tidak dapat berkembang. Startup justru akan semakin efektif dan bisa menghemat biaya karena tidak menggaji karyawan terlalu banyak.
3. Mampu bekerja multitasking
Meski jumlahnya terbilang sedikit, SDM di startup memiliki kemampuan yang berkualitas dan mampu merangkap dua hingga tiga pekerjaan sekaligus.
4. Memiliki semangat muda yang tinggi
Biasanya, bisnis startup didirikan oleh anak muda berkisar 20 sampai 35 tahun. Di usia inilah mereka memiliki banyak keinginan yang selalu ingin dikejar yang diiringi dengan semangat yang menggebu-gebu.
emangat yang menggebu-gebu.
5. Penghasilan dan investor
Bertahannya sebuah startup karena ada 2 faktor, yaitu memiliki investor yang memberikan dana besar dan menggunakan dana sendiri yang bisa mencukupi kebutuhan hingga 2-3 tahun.
6. Umumnya memanfatkan teknologi
Startup berkaitan erat dengan teknologi. Bisnis yang mereka jalankan meliputi jasa online yang pengoperasiannya menggunakan aplikasi pada smartphone.
7. Menggunakan website
Perusahaan startup pastinya memiliki website pribadi untuk menjalankan segala pekerjaannya, yaitu untuk menawarkan dan mempromosikan produk yang dijual.
 5 perusahaan startup dengan value tertinggi di dunia saat ini!
  • Uber

Didirikan pada bulan Maret 2009, startup jasa transportasi ini mencapai status Unicorn pada bulan Agustus 2013 dengan investasi Series C senilai US$258 juta yang memberi nilai perusahaan pada US$3,72 miliar. Lebih dari setahun kemudian, Uber memiliki value sebesar US $18 miliar. Di tahun 2016, Uber mendapat pendanaan tambahan, termasuk US$3,5 miliar investasi dari Saudi Arabia dan US$2 miliar dari leveraged loan. Selain itu, Uber juga mendapat investasi dari Didi Chuxing, perusahaan startup di China, sebesar US$1 miliar di Uber Global dan akuisisi Uber China sebesar US$35 miliar. Saat ini Uber memiliki value sebesar US$62 miliar.
  • ANT Financial

ANT Financial adalah sebuah fintech yang merupakan affiliate dari Alibaba Group. Mereka menjalankan Alipay, sebuah aplikasi pembayaran online. Saat ini mereka memiliki value sebesar US$60 miliar.
  • Didi Chuxing

Didi Chuxing adalah sebuah jasa transportasi layaknya Uber dari Cina. Ini juga adalah perusahaan yang berinvestasi di Uber Global dan mengakuisisi Uber Cina. Pada Januari 2016, startup ini mendapat investasi sebesar US$3 miliar dan nilai sebesar US$16 miliar. Saat ini Didi Chuxing memiliki nilai sebesar US$50 miliar.
  • Xiaomi

Anda pasti tidak asing dengan merek handphone Xiaomi. Saat ini, Xiaomi memiliki value sebesar US$45 miliar. Xiaomi pertama kali didirikan pada April 2010 oleh delapan orang partners dan menjadi Unicorn di bulan Desember 2011.
  • AirBnB

AirBnB adalah unicorn terbesar kedua di US. Didirikan pada Agustus 2008, Airbnb menjadi Unicorn pada bulan Juli 2011 dengan valuasi sebesar US$1,3 miliar. Pada bulan lalu, lebih dari 60 juta orang telah menggunakan layanan penyewaan kamar Airbnb, yang beroperasi di 34.000 kota di 190 negara

6 Startup Terbaik dan Ternama di Indonesia

1. Gojek

Gojek Startup Indonesia
Gojek merupakan perusahaan startup dalam negeri yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Tak hanya itu berbagai layanan lainnya seperti antar makanan dan antar paket juga bisa memakai jasa perusahaan ini. Gojek pertama kali didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Sudah lebih dari 50 kota di Indonesia yang telah tersentuh layanan gojek dan rata-rata mereka puas dengan pelayanan yang diberikan. Tak hanya di Indonesia saja, gojek juga menyebarkan ekspansinya ke luar negeri yaitu ke Thailand dan juga Vietnam

2. Tokopedia

toko online tokopedia
Tokopedia didirikan pada tahun 2009 dan telah bertransformasi menjadi unicorn yang pengaruhnya tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di Asia Tenggara. Perusahaan ini dibangun oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan adanya Tokopedia membuat setiap individu, toko kecil, dan brand dapat dengan mudah membuka dan mengelola sebuah toko online. Tokopedia juga terdaftar sebagai salah satu toko online terbaik indonesia yang membantu banyak orang berbelanja secara online dan mudah.

3. Traveloka

Situs Pemesanan Tiket Pesawat, Kereta dan Hotel traveloka
Traveloka merupakan perusahaan startup indonesia yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta api, bus dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Namun kini untuk tiket pesawat, traveloka juga melayani penerbangan menuju luar negeri seperti Asia dan juga Eropa. Perusahaan Traveloka dibangun oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Bagi anda yang ingin berpergian ke luar kota dengan menaiki pesawat terbang, tiketnya bisa dibeli langsung melalui website traveloka.com atau melalui aplikasi traveloka yang tersedia di Google search console. Selain itu, traveloka juga menjadi bagian dari salah satu perusahaan penyedia tiket pesawat, kereta api dan hotel terbaik di indonesia.

4. Akulaku

Akulaku merupakan perusahaan startup indonesia sekaligus aplikasi virtual kredit finansial yang memungkinkan anda untuk melakukan kredit secara online. Akulaku juga telah terdaftar sebagi penyelenggara sistem elektronik di Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Tanda Daftar Sistem Elektronik No.00262/DJAI.PSE/04/2017 per tanggal 28 April 2017. Dengan akulaku transaksi menjadi lebih aman karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuntungan atau OJK.

5. Ilotte

Ilotte dibentuk oleh dibentuk oleh dua perusahaan besar asal Indonesia dan Korea Selatan, Salim Group dan Lotte Group. Bisnis e-commerce ini menawarkan konsep online mall. Beberapa brand terkenal seperti ELLE, Alleira, Damn I Love Indonesia, JYSK, JBL, Electrolux, Volkswagen, Nike, Apple, dan lainnya sudah ada pada e-commerce yang satu ini. Dengan adanya illote, anda dapat berbelanja online dengan mudah dan juga aman yang didukung tiga fitur antara lain Flash Delivery, iPoint, dan iStyle.id.

6. Pundi X


Mata uang virtual seperti bitcoin kini telah menjadi sebuah fenomena. Banyak orang yang tertarik dan merasa bitcoin memberikan banyak keuntungan. Pundi X didirikan oleh Zi Bin Cheah dan berniat merebut untung pasar uang virtual di Indonesia. Startup indonesia ini memang masih baru di tanah air dan mungkin anda pun belum pernah mendengarnya, namun dengan melihat fakta bahwa bitcoin menjadi suatu fenomena maka saya rasa perusahaan startup bitcoin ini akan sangat mudah untuk berkembang.

Referensi
https://www.kanal.web.id/pengertian-startup-dalam-bisnis
https://id.techinasia.com/talk/apa-itu-bisnis-startup-dan-bagaimana-perkembangannya
https://www.google.com/amp/s/www.dewaweb.com/blog/startup-indonesia/amp/
https://m.wartaekonomi.co.id/berita176487/7-karakteristik-startup.html
https://www.centerklik.com/startup-terbaik-dan-ternama-di-indonesia/amp/

0 Komentar