Definisi Hardisk , jenis , Fungsi , dan cara menjadikan hardisk internal sebagai hardisk eksternal



Hard disk adalah sebuah komponen perangkat keras (hardware) untuk mendukung komputer atau laptop dalam menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari berbagai proses data di komputer.

Jenis-jenis Hardisk di laptop dan di komputer
  • ATA ( Advanced Technology Attachment) atau EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronic)
  • ATA/EIDE adalah standar versi terbaru dari semua antar muka disk yang disesuaikan dengan koneksi ke bus. Disk semacam ini banyak digunakan oleh Personal Computer (PC). Keuntungan dari drive EIDE atau ATA adalah harga cukup terjangkau murah dan banyak yang menggunakannya.
  • RAID
    • RAID sudah menjanjikan performa yang luar biasa dan sudah mendukung penyimpanan yang besar dan handal. Disk ini sangat cocok kamu manfaatkan untuk bermain game dengan spek tinggi.
    • SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
      • SATA adalah drive interface dari disk ATA dengan versi serialnya yang menggunakan kabel tipis dan mempunyai kabel kecil sekitar 2/3 dari jumlah kabel yang ada di hard disk jenis EIDE atau ATA. Hardisk SATA memiliki kecepatan mengirim data yang lebih tinggi dari jajarannya.


      Fungsi Hard disk umumnya untuk menyimpan data secara permanen didalam seluruh sector yang terdapat didalam disk yang tersedia baik itu untuk read dan write. Lain halnya dengan RAM yang menyimpan data hanya sementara. Jadi antara RAM dengan Hard Disk masih banyak orang belum bisa membedakannya. Bisa kebayang tidak jika pada komputer atau laptop tidak tersedia hard disk, kamu tidak akan bisa menyimpan segala data setelah memrosesnya.


      Cara Menjadikan internal hardisk sebagai hardisk eksternal
      • Langkah 1: Pastikan untuk menghilangkan pelindung hardisk jika anda memilikinya dan sekrup dari hardisk.
      • Langkah 2: Buka Casing External: unlocking dengan saklar, geser ujung yang terbuka dan masukkan dalam hardisk. Hati-hati saat menggeser hard disk dan lakukan cara yang tepat dan anda perlu untuk melihat ke dalam untuk melihat orientasi port SATA.
      • Langkah 3: Gunakan kabel USB yang disertakan untuk menghubungkan antara Casing External  ke PC atau laptop.
      • Langkah 4: Jika anda memasangnya dengan benar, Hardisk external anda akan muncul pada Windows File Explorer dan siap untuk digunakan. Namun jika anda memakai hardisk dari laptop, maka anda perlu untuk memformat sebagai NTFS.
      • Anda dapat memperlakukannya seperti hardisk untuk menyalin file  atau memformatnya. Jika Anda berencana hanya untuk menggunakannya pada Windows, Anda dapat memformat sebagai NTFS, tapi sebaiknya menggunakan FAT jika Anda ingin menghubungkannya ke perangkat lain seperti XBOX atau PS.
      • Langkah 5: Jika hardisk anda tidak muncul di Windows Explorer, cari menu Start dan lihat di Manajemen Disk. Kemudian cari disk dengan ruang yang tidak terisi, atau disk tanpa huruf drive pada Disk Management. Anda dapat kemudian klik kanan di atasnya dan memformatnya .


      Salinan dari
      https://dafunda.com/tekno/pengertian-hard-disk-di-komputer-dan-fungsinya/amp/
      https://www.google.com/amp/s/www.murdockcruz.com/2016/10/20/cara-mudah-membuat-hardisk-lama-anda-menjadi-hardisk-external/amp/

      0 Komentar