Pengertian iOS





IOS adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dibuat, dikembangkan, dan didistribusikan oleh Apple Inc.

Berdasarkan catatan awal mula sejarahnya, sistem operasi iOS pertamakali diluncurkan pada tahun 2007 unyuk iPhone dan iPod Touch. Kini iOS telah dikembangkan guna mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV.

iOS berbeda dengan Windows Phone (Microsoft) dan Android (Google). Jika WP dan Android melisensikan OS-nya untuk digunakan pada perangkat lainnya; sedangkan iOS hanya untuk produk mereka sendiri.

Apple tidak melisensikan iOS untuk di install di perangkat keras non-Apple. Penggunaan sistem operasi iOS hanya untuk produk Apple.

iOS merupakan turunan dari OS X yang digunakan oleh komputer Apple, dimana OS X memiliki pondasi Darwin, dan karena itu juga iOS disebut sistem operasi UNIX.

Hal-hal yang Berkaitan dengan iOS (iPhone OS) secara Singkat


Program Dalam: C, C++, Objective-C, Swift.

Keluarga: Unix, berdasarkan sistem operasi Darwin (BSD).

Rilis Perdana: 29 Juni 2007 (11 tahun yang lalu, terhitung tahun 2018 saat ini)

Rilis Stabil Terkini: 11.4 (15F79), 29 Mei 2018.

Rilis Tak-Stabil Terkini: iPhone 4S, 5, 5C dan 5S; iPad 2, 3, 4 dan Air; iPad Mini Pertama dan Kedua; iPod Touch generasi kelima; dan 8.0 Beta 3 (12A4318c) (7 Juli 2014; 4 tahun lalu).

Ketersediaan Bahasa: 34 Bahasa.

Dukungan Platform: 64-bit dan 32-bit ARM arsitektur pada (iPhone, iPod, iPad, iPad Mini, dan Apple TV generasi kedua dan terbaru), Apple A4, Apple A5, Apple A5X, Apple A6, Apple A6X, Apple A7.

Jenis Kernel: Hybrid (XNU).

Antarmuka Bawaan: Cocoa Touch (multi-touch, GUI).

Lisensi: Proprietary EULA kecuali pada komponen (open-source).

Didahului: iPhone OS.

Situs Web Resmi Apple: http://www.apple.com/id/ios/.

Daftar Tanggal Rilis iPhone dari Generasi ke Generasi


  • Tanggal Rilis iPhone: 29 Juni 2007.
  • Tanggal Rilis iPhone 3G: 11 Juli 2008.
  • Tanggal Rilis iPhone 3GS 19 Juni 2009.
  • Tanggal Rilis iPhone 4: 24 Juni 2010.
  • Tanggal Rilis iPhone 4S: 14 Oktober 2010.
  • Tanggal Rilis iPhone 5: 21 Oktober 2011.
  • Tanggal Rilis iPhone 5C dan 5S: 20 September 2013.
  • Tanggal Rilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus: 19 September 2014.
  • Tanggal Rilis iPhone 6S dan iPhone 6S Plus: 25 September 2015.

Program aplikasi yang ter-install di iOS pada semua produk Apple (dijelaskan melalui gambar HD berikut ini).

Pengertian iOS (iPhone OS), Cara Kerja & Sejarahnya

Pengertian iOS (iPhone OS), Cara Kerja & Sejarahnya

Pengertian iOS (iPhone OS), Cara Kerja & Sejarahnya

Pengertian iOS (iPhone OS), Cara Kerja & Sejarahnya

Istilah & Spesifikasi iPhone dari Generasi ke Generasi


1. App Store

App Store adalah platform distribusi digital untuk semua aplikasi iOS yang dikelola langsung oleh Apple sejak 10 Juli 2008.

Fakta menariknya, pada bulan Juni 2015, ada lebih dari 100 miliar kali unduhan aplikasi yang terjadi di App Store; baik aplikasi gratis maupun aplikasi berbayar.

2. Baterai

iPhone merupakan produk pertama yang menggunakan model baterai Internal yang bersifat Non-Replaceable. Artinya, baterai yang ada di iPhone bersifat tertanam dan tidak bisa di buka oleh para penggunanya; terkecuali bagi mereka yang sudah paham bagaimana rumitnya komponen-komponen yang terpasang di iPhone.

3. iCloud

iCloud merupakan tempat penyimpanan file dan/atau aplikasi serta setting (pengaturan) dari perangkat iPhone. Contohnya, kamu membeli iPhone versi terbaru. Untuk memindahkan semua data yang ada di iPhone lama, yang perlu kamu lakukan adalah login dengan akun iCloud yang sama.

Nantinya akan ada pilihan untuk mem-backup kembali data-data yang sudah ada di iPhone lama secara otomatis.

Melalui pembaharuan iOS ke versi 9.0, kini iCloud sudah canggih yang menjadikannya sebagai rantai kunci dari iPhone yang kamu miliki.

4. Dual Core
Pada iPhone generasi 4S, Apple mengganti arsitektur prosesor dari Single Core menjadi Dual Core. Setelah diperbaharui menjadi Dual Core, Apple tetap menggunakan 1GHz sekaligus mengawali hadirnya chipset Apple AS.

5. Email

Aplikasi dan kegunaan Email pada iOS sangat interaktif karena mendukung file-file seperti Words, Excel, PDF, HTMl, Powerpoint yang mana sangat memudahkan para penggunanya. Selain itu, ada pula aplikasi yang serupa yakni Apple MobileMe (Push Email).

6. Face Time

Pertama kali dihadirkan pada 24 Juni 2010 untuk seri iPhone 4, Face Time selayaknya Video Call pada WhatsApp dan LINE. Face Time memungkinkan para penggunanya untuk melakukan telekomunikasi video dengan menggunakan teknologi VoIP.

Namun, kini Face Time dapat digunakan di seluruh produk iPhone.

7. Gyroscopic Sensor

Gyroscopic Sensor merupakan salah satu dari 6 sensor yang ada di iPhone. Gyroscopic Sensor berfungsi agar Gadget yang digunakan terasa lebih nyaman, dan berguna agar kamera lebih stabil.

8. HVGA (Half Size VGA)

HVGA merupakan resolusi grafis layar. Jika sebelumnya pada iPhone 3GS masih menggunakan TFT, maka untuk seri di atasnya sudah memiliki HVGA. HVGA sendiri memiliki resolusi sebesar 480 x 320 pixel dengan kerapatan layar 163 ppi.

9. Huruf i Kecil pada iPhone, iPad, iPod Touch, iTab, dan iMac

Penggunaan huruf "i" kecil merupakan gagasan dari Steve Jobs untuk mengartikan bahwa produk tersebut merupakan buatannya.

Beberapa diantaranya yaitu iPhone, iPad, iPod Touch, iTab, dan iMac.

10. Lightning

Lightning merupakan konektor terbaru yang di rancang oleh Apple untuk menggantikan konektor lamanya yang berjumlah 30 pin.

11. Micro SIM

iPhone 4 merupakan smartphone terbaik yang pertama kali di produksi oleh Apple, dimana di dalamnya sudah tersemat Micro SIM. Pada versi terbarunya yakni iPhone 6S, Micro SIM tak digunakan lagi; melainkan menggunakan Nano SIM.

12. Power VR

Disebut juga Graphic Processor Unit yang memungkin tampilan grafis di iPhone terlihat istimewa dan mumpuni. Power VR sudah terpasang diberbagai seri iPhone sejak pertama kali di rilis.

13. Retina Display

Macbook dan iPhone memiliki layar dengan tampilan yang sangat mewah. Semua itu berkat Retina Display.

Retina Display merupakan istilah yang berarti tingkat tinggi atau rendahnya densitas piksel. Semakin tinggi nilainya maka semakin bagus bagi mata untuk melihat dan/atau fokus pada suatu objek.

14. Storage (ROM)

Storage merupakan tempat penyimpanan berbagai data dan file seperti foto, gambar, dan video. Faktanya iPhone tidak pernah menyediakan slot untuk pemasangan kartu memori eksternal. Alasannya? Demi keamanan.

Saat ini iPhone menyediakan ROM dengan berbagai kapasitas; contohnya berukuran 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, dan 64GB. Kapasitas memori terbesar saat ini yaitu 128GB yang ada di iPhone 6S dan iPhone 6S+.

15. Unlock

Unlock adalah suatu proses untuk membuka kartu SIM di iPhone yang sebelumnya tertutup. Karena masalah tersebut, yang di anggap tidak nyaman; membuat banyak peretas yang berusaha untuk membuka pemblokiran, dan hasilnya banyak peretas yang berhasil melakukannya.

Pada tahun 2012 lalu misalnya, operator AT&T meminta produk Unlock pada Apple; dan Apple menyetujuinya. Istilah ini dikenal dengan sebutan "Whitelisting".

Sejarah Sistem Operasi iPhone (iOS)


Berdasarkan sejarahnya, setiap update yang dilakukan pada iOS; tentu ada pengingkatan dari berbagai sisi. Contohnya seperti iOS 1 yang hadir pada tahun 2007. Pada iOS versi pertama ini ada banyak bug yang ditemukan, maka dilahirkanlah iOS versi kedua (2). Salah satu "tugas" dari iOS kedua ini yakni memperbaiki bug yang terjadi di App Store.

Pada tahun 2009, iOS 3 pun hadir dengan fitur Copy Paste, Bluetooth, Find My Phone, dan Spotlight. Selanjutnya, iOS 4 bertugas mengadakan Multitasking dan Retina Display. Di tahun 2011, iOS 5 hadir dengan munculnya SIRI sebagai support untuk menjalani berbagai hal dan aktifitas.

Dan iOS terus berkembang, sampai pada akhirnya di tahun 2012, iOS 6 pun diresmikan. Google Maps dihapuskan, dan digantikan dengan Apple Maps. Pasbook pun lahir di iOS versi ke 6 ini. iOS 7 memperkenalkan fitur Air Drop dan Control Setting.

Lalu iOS 8 mengoptimasi berbagai sistem seperti optimasi daya, layar, setting, keamanan, dan beberapa fitur tambahan lainnya.

Pada iOS versi ke-9, ditambahkan fitur penguncian iCloud dan Lock Phone. Secara performa, iOS 9 memberikan Multitasking yang lebih nyaman, multimedia yang lebih mumpuni, dan mengoptimalkan banyak aplikasi sehingga ringan ketika dijalankan.

Untuk iOS versi ke 10, kamu bisa membacanya di sini: iOS 10; sedangkan untuk iOS versi 11 dan 12 bisa di klik di sini: iOS versi 11 dan iOS versi 12.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/IOS
http://www.apple.com/ios/
https://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc.
http://developer.apple.com/library/ios/navigation/
http://www.apple.com/ipad-air/specs/
http://www.apple.com/ipad-mini/specs/
http://www.apple.com/iphone-5c/specs/
http://www.apple.com/iphone-5s/specs/
http://www.apple.com/apple-events/june-2012/
http://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prUS23771812
http://www.netmarketshare.com/mobile-market-share
http://www.insidemobileapps.com/2012/07/24/ios-device-sales-leapfrog-android-with-410-million-devices-sold
http://techcrunch.com/2012/09/12/apple-has-sold-over-400-million-ios-devices-9-5-growth-since-march/
http://www.macworld.co.uk/ipod-itunes/news/index.cfm?newsid=16927
http://ipod.about.com/od/troubleshootingyouripod/qt/ipod-touch-upgrade-fee.htm
http://news.softpedia.com/news/iOS-4-Software-Update-for-iPod-touch-Is-Free-144629.shtml
http://appleinsider.com/articles/13/06/10/apples-ios-7-embeds-search-bar-into-every-app-screen
http://www.smartipadguide.com/search-on-ipad-with-spotlight-on-ios-7
http://support.apple.com/kb/HT4943
http://www.tuaw.com/2013/09/24/how-to-create-nested-folders-on-ios-7/
http://www.apple.com/au/iphone/features/notification-center.html
http://support.apple.com/kb/HT4213
http://www.apple.com/ios/feature-availability/#maps-turn-by-turn-navigation
http://www.apple.com/pr/library/

0 Komentar