Pengertian Website

Penjelasan dan arti website


Website adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser dan juga jaringan internet.

Pengertian Website  

Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berisikan kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio, video maupun gabungan dari semuanya yang biasanya dibuat untuk personal, organisasi dan perusahaan. Dari pengertian website tersebut dapat dibedakan menjadi 2 yaitu web bersifat statis dan dinamis. Bersifat statis apabila isi informasinya tetap dan isi informasinya hanya dari pemilik website sedangkan web yang bersifat dinamis apabila isi informasinya selalu berubah-ubah dan dapat diubah-ubah oleh pemilik maupun pengguna website. Contoh web statis : website profil perusahaan, sedangkan contoh web dinamis seperti facebook, twitter dll.

Pengertian Website Menurut Para Ahli



Pengertian Website Menurut Para  Ahli
dewaweb.com
  • Suwanto Raharjo
Website adalah salah satu layanan internet yang sangat bayak digunakan daripada yang lain seperti ftp, gopher, news dan email.
  • Wikipedia
Menurut wikipedia, website adalah sebuah halaman yang berhubungan berada dalam peladen berisikan kumpulan informasi.
Disediakan dari secara perorangan, organisasi, atau kelompok. Peladen adalah sistem komputer yang salah satu jenis layanan tertentu dalam jaringan komputer.
  • Haer Talib
Menurut Haer Talib website adalah tempat dalam internet memiliki sebuah nama serta alamat.
  • Ali Zaki dan Smitdev Community
Definisi website adalah beberapa kumpulan informasi dari halaman web yang dapat pada satu domain, terdiri dari 1 atau lebih halaman.
  • Sibero
Website merupakan sistem media yang berkaitan dengan dokumen sebagai menampilkan teks, gambar,multimedia dan lainnya.
  • Nilasari
Website sering disebut situs kumpulan halaman yang dijalankan pada satu domain atau alamat website.

Sejarah Website



Sejarah Website
sahabatartikel.co.id
Siapa orang pertama kali berjasa dibalik website yang sering kali kita kunjungi? Penasaran sekali kan. Sudah di rangkum secara singkat dan jelas dari website resmi World Wide Web Foundation.
Nama orang pertama berjasa yaitu Sir Tim Berners-Lee seorang ilmuwan berasal dari negara Inggris.

Cara Membuka Website



Cara Membuka Website
nesabamedia.com
Membuka website sangat praktis dan cepat. Anda butuhkan browser seperti Firefox, Google dan lain-lain. Anda tinggal mengetik URL website yang di inginkan.
kemudian setelah anda masuk otomatis anda ke halaman homepage website. Website bisa di cari dengan kata kunci seperti pencarian di Google.
Contohnya seperti mengetik kata kunci “Makanan” di google, anda bisa memilih salah satu tampilan di halaman website.

Jenis – jenis website

ada setidaknya 3 jenis website yang bisa kita tuliskan. Website ini tidak didasarkan secara fungsinya tetapi secara teknis presentasinya.
  • Website statis

Website statis tampilannya tidak berubah – ubah. Website seperti ini biasanya digunakan untuk landing page suatu produk atau jasa. Website seperti umumnya ada di tahun 1990 an awal. Untuk mengubah tampilannya, kita harus mengubah code programnya secara langsung.
  • Website dinamis

Website dinamis memiliki tampilan yang mudah diubah. Istilah website dinamis ini muncul setelah adanya Content Management System atau CMS.
Jika website dibuat dengan CMS, maka penggunanya akan mudah membuat posting atau bahkan mengubah layout dengan mudah.
  • Website interaktif / website aplikasi

Website ini ditujukan supaya bisa berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Website interaktif antaralain adalah seperti IG atau FB.
Sebagian lainnya merupakan website yang menjalankan aplikasi khusus saat digunakan.
Misal, website untuk memilih warna secara online, website untuk absensi dan pelaporan lainnya dsb.

Manfaat website

Website secara umum bermanfaat untuk menyebarkan informasi lebih cepat dan lebih murah.
Kita tidak perlu mencetak di kertas dan menyebarkannya secara fisik kemana – mana. Dengan website, kita mendapatkan kemudahan untuk berpromosi hingga jarak yang lebih jauh lagi.
Selain itu, website seperti Youtube dan lainnya juga merupakan sarana hiburan yang lumayan murah.

Unsur Website

Supaya sebuah website bisa berjalan, ada unsur – unsur yang dipenuhi. diantaranya:
  • Web hosting

web hosting atau server hosting adalah element penting yang menyimpan data website secara online sehingga bisa diakses lewat internet. Keberadaan web server merupakan bagian yang tidak bisa diabaikan jika kita membuat website.
apa itu website adalah (2)
  • Konten website

Ini adalah isi website itu sendiri. Isi website bisa berupa video, text atau tulisan, gambar dan juga bisa berupa aplikasi. Aplikasi ini bisa dijalankan pengguna saat mereka mengakses website.
Sebuah server perlu isi atau konten supaya ada hal yang dibaca atau dilihat dari sana.
  • Nama domain

Kita bisa saja tidak menggunakan nama domain untuk website kita. Gantinya akan ada IP Address atau alamat IP server website kita yang bisa ditemukan. Tetapi, cara ini sudah pasti menyusahkan karena angka – angka yang digunakan di IP address pasti tidak bakal dihapalkan oleh pengunjung website kita.
Meskipun alamat IP ini bisa diindeks oleh Google atau Bing, tetapi para pengunjung pasti tidak kembali karena tidak mau atau malas menghapal nomor IP Address kita.
Gantinya, kita mengganti nomor seperti : 216.58.216.164 dengan nama domain misalnya: tokomurah.com
Itulah pengertian tentang website beserta fungsi dan unsur – unsur website. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Website



blockboomedia.com
3 langkah paling utama membuat website yang perlu anda ketahui sebagai berikut. Silahkan simak dan kemudian bisa langsung praktek.
  • Pilih Platfrom/CMS yang tepat
Banyak sekali platfrom yang tersedia untuk membuat website seperti wordpress, joomla, dan dropal. Jika anda bingung memilih yang mana, saya sarankan menggunakan platfrom sudah populer yaitu wordpress.
Platfrom wordpress tidak hanya cocok bagi anda pemula saja. Akan tetapi developer kelas menengah dan atas juga menggunakannya. Mengapa? karena sangat fleksibel untuk modifikasi sesuai yang diinginkan.
  • Pilih nama domain dan hosting terbaik
Sangat penting dalam membuat website yaitu nama domain. Ingat ya, buat nama domain yang unik tapi sesuai dengan tujuan dari konten atau artikel website anda.
Anda bisa membeli paket langsung domain dan jasa hosting. Jika tidak ingin membawa nama platfrom bisa gunakan seperti .com, .net, .id dan lain-lain.
  • Install dan konfigurasi website
Melakukan install, biasanya provider sudah menyediakan username dan password supaya bisa masuk langsung CMS ke website anda. Hanya tambah konfigurasi website sesuai kebutuhan saja.
Anda bisa cari referensi tentang plugin yang bagus buat CMS anda dan theme yang reponsif.



Sumber
https://www.indowebsite.id/website/
https://www.lawangtechno.com/solved-website-adalah-ini-jawabannya/
https://yogsalhafidz.com/pengertian-website/


0 Komentar