Pengertian / Definisi Bisnis


Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.

Penggunaan kata “bisnis” dapat dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada:

Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
Seluruh aktivitas pada komunitas produsesn barang dan jasa.
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Agar lebih memahami apa arti bisnis, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian bisnis menurut para ahli:

1. Hughes dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
Referensi Informasi Era Digital
Beranda  Ekbis  Pengertian Bisnis: Tujuan, Fungsi, dan Macam-Macam Bisnis
Pengertian Bisnis: Tujuan, Fungsi, dan Macam-Macam Bisnis
Pengertian Bisnis
Pengertian Bisnis Secara Umum
Daftar isi
Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan bisnis? Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.

Penggunaan kata “bisnis” dapat dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada:

Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
Seluruh aktivitas pada komunitas produsesn barang dan jasa.
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Agar lebih memahami apa arti bisnis, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian bisnis menurut para ahli:

1. Hughes dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

2. Brown dan Pretello
Menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

3. Jeff Madura
Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

4. L. R. Dicksee
Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Baca juga: Pengertian Perusahaan

Tujuan Bisnis
Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun beberapa tujuan bisnis adalah sebagai berikut:

Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
Untuk menunjukkan prestise dan prestasi.
Fungsi Bisnis
Semua kegiatan bisnis berfungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya kurang bernilai menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setelah diolah.
Adapun beberapa fungsi bisnis adalah sebagai berikut:

Form Utility, yaitu fungsi produksi dimana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan.
Place Utility, yaitu fungsi distribusi dimana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang/ jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen.
Possessive Utility, yaitu fungsi penjualan dalam bisnis.
Time Utility, yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, dimana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat.
Menurut Steinhoff dalam bukunya The World Of Business (1979), ada tiga fungsi utama dari suatu bisnis, yaitu:

Acquiring Raw Material, yaitu untuk mencari bahan mentah.
Manufacturing Raw Materials Into Product, yaitu mengubah bahan mentah menjadi barang jadi.
Distributing Product to Consumers, yaitu untuk menyalurkan produk yang dihasilkan kepada konsumen.
Macam-Macam Bisnis
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa pengertian bisnis ini pada akhirnya akan merujuk pada skup atau sektor tertentu yang dicakup. Adapun macam-macam bisnis adalah sebagai berikut:

Bisnis Pertanian, yaitu usaha di bidang pertanian atau agro bisnis yang meliputi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan lain-lain.
Bisnis Produksi Bahan Mentah, yaitu bidang usaha yang bergerak di sektor pertambangan, kehutanan, dan lain-lain, dimana produk yang dihasilkan adalah bahan mentah untuk diolah kembali.
Bisnis Manufaktur, yaitu usaha di bidang pengolahan bahan baku atau bahan mentah menjadi bahan jadi.
Bisnis Konstruksi, yaitu usaha di bidang pembangunan konstruksi atau infrastruktur, misalnya jalan raya, gedung bertingkat, bandara udara, dan lain-lain.
Bisnis Transportasi, yaitu usaha di bidang tranportasi yang membantu mobilitas masyarakat dalam menyalurkan barang.
Bisnis Komunikasi, yaitu usaha di bidang komunikasi yang membantu masyarakat dalam hal komunikasi dan informasi. Misalnya televisi, radioa, telepon, dan lainnya.
Bisnis Perdaganan Besar/ Kecil, yaitu usaha di bidang niaga yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen.
Bisnis Finansial, Asuransi, dan Real Estate, yaitu usaha di bidang keuangan yang membantu masyarakat dalam hal kredit permodalan, asuransi, dan juga perencanaan dan kredit kepemilikan properti.
Bisnis Jasa, yaitu usaha yang kegiatannya menciptakan dan menjual produk tak berwujud, yaitu jasa, untuk menghasilkan keuntungan.

9 Contoh Usaha Modal Kecil Tanpa Modal Bersifat Bisnis Masa Depan

Belakangan ini, banyak dari karyawan yang sedang berlomba lomba mencari usaha modal kecil, bahkan bisa di katakan tanpa modal dan lebih bersifat masa depan. Bukan tanpa alasan, ketakutan PHK dan masalah lain, membuat banyak orang berlomba untuk mencari penghasilan lain. Karena salah satu syarat usaha adalah adanya modal, banyak dari mereka yang mencari usaha dengan minim modal.
Di tambah yang akhir akhir ini, usaha kecil menengah (UKM) mempunyai peranan penting dan telah memberikan banyak dorongan yang besar dalam meningkatkan perekonomian negara. Kreatifitas menjadi modal awal untuk mampu bersaing di era ekonomi global seperti sekarang ini. Apalagi seperti anda yang karyawan, semisal guru. Perlu adanya usaha yang pas untuk guru.
Satu hal yang meski di perhatikan, bahwa saat bergerak di bidang usaha kecil, alangkah baiknya jika sudah mengetahui sasaran atau target marketnya. Sehingga usaha yang dikembangkan akan lebih cepat masuk ke sasaran market yang tepat. Jika di ibaratkan. Usaha modal kecil bisa di ibaratkan sebagai seorang pemancing yang mempunyai sedikit umpan, namun harus bisa menarik perhatian banyak ikan dan bersaing dengan pemancing lainnya.
Kali ini kami ingin memberikan sedikit refrensi jenis usaha yang memiliki modal kecil yang bisa anda coba.

1. Menjalankan Usaha Online lewat Web atau Blog

Diperkirakan usaha di bidang online akan semakin berkembang. Sebab setiap harinya, pengguna internet semakin lama semakin bertambah. Mungkin bisa dikatakan hampir setiap orang sudah akrab untuk menjalankan aktifitas di dunia digital. Tidak sedikit yang sudah merasakan jika dunia onlie bisa di jadikan penghasil yang sangat besar dengan modal yang tidak terlalu besar. Di Indonesia pun sudah banyak website atau blog yang mempunyai penghasilan fantastis.
Beberapa cara yang biasanya di gunakan oleh mereka yang mempunyai penghasilan dari web adalah,
  • Mencoba menjalankan program periklanan CPM, CPC sampai CPA
  • Masuk dengan cara bergabung di afiliasi
  • Menjajakan produk sendiri di marketplace
  • Iklan google / iklan advertorial
Saat membangun blog disarankan untuk memiliki domain sendiri agar lebih meyakinkan dan terlihat professional. Sebagai contoh, toko online dengan nama belanjar.blogspot.com tentunya akan kalah dengan domain belanja.com. nah saat ini mulailah memikirkan nama domain sebagai merk dagang anda. Tidak perlu khawatir soal harga. Saat ini banyak domain beserta hosting yang terjangkau namun memiliki kualitas yang tak kalah dengan domain yang mahal sekalipun.

2. Jual Kue dan Gorengan

Jenis bisnis ini termaksud sebagai bisnis yang minim modal. Meski minim modal, potensi nya sangat menjanjikan sekali. Bayangkan, kebiasaan makan gorengan dan cemilan sudah menjadi aktifitas yang sering di lakukan oleh masyarakat kita, khususnya gorengan. Mengapa jenis bisnis ini bisa di katakana murah, yang pertama bahan bahan yang harus di beli, banyak tersedia di pasar tradisional, apalagi harga bisa jauh lebih murah jika membeli dengan jumlah banyak. Yang kedua peralatan yang di gunakan. Biasanya peralatan yang di gunakan, sering kita gunakan sehari hari di dapur. Sehingga tak perlu lagi keluar ongkis biaya.
Mungkin minyak goreng bisa menjadi bahan baku yang masih mahal. Namun nyatanya banyak pedagang yang masih menggunakan minyak goreng meski sudah di pakai berulang kali. Tetapi yang ingin kami tekankan adalah, berusahalah berfikir kreatif agar bisa meminimalisir biaya produksi.

3. Usaha Jus

Pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur membuat bisnis ini bisa di katakana berpotensi menghasilkan keuntungan. Di tambah lagi aktifitas yang padat dari masing masing orang, sehingga tak sempat untuk menyuplai nutrisi dari sayur dan buah. Maka dari itu, kehadiran booth jus buah dan sayur sangat di nantikan bagi mereka yang masih sadar akan kesehatan.
Modal untuk usaha ini pun tak terlalu besar. Jika kita ingin membangun usaha ini tanpa Franchise atau waralaba, anda bisa menekan lagi modal yang di keluarkan. Untuk start awa cobalah belanja bahan baku buah dan sayur dari pasar induk yang ada di lokasi anda. Biasanya harga sayur dan buah disana jauh lebih murah. Untuk gerobak atau booth, bisa menggunakan etalase kecil terlebih dahulu didepan rumah untuk melihat minat orang akan kehadiran usaha kita.

4. Usaha Mie ayam

Meski terlihat sepele, jangan anggap remeh usaha jenis ini. Jualan mie ayam sebenarnya sangat menguntungkan mengingat biaya operasional nya sangat kecil. Ditambah lagi mie ayam merupakan makanan yang sangat familiar di kalangan masyarakat kita. Rasanya yang gurih dan nikmat berhasil menjadi makanan wajib jikala senggang.
Jika tekun dan giat, jenis usaha ini bisa di jadikan bisnis masa depan mengingat makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Memang awal merintis kita wajib menyediakan keperluan memasak, lokasi, dan gerobak. Namun jika sudah berjalan, pemasukan jauh lebih besar ketimbang biaya produksi. Menurut beberapa penjual ayam yang sudah kami mintai keterangan, biasanya mereka bisa untung sampai 3 Kali lipat dari biaya produksi.

5. Coffea Shop Rumahan

Selanjutnya adalah mencoba bisnis coffee shop rumahan. Seringkali kita melihat warung coffee shop yang di setting di depan rumah atau garasi. Dengan konsep anak muda, usaha ini mempunyai potensi yang sangat besar terhadap pemasukan. Sebab daya beli anak muda terhadap sesuatu sangat tinggi.
Dengan konsep rumahan, berarti anda tak perlu lagi memikirkan untuk biaya sewa tempat. Anda tinggal memikirkan dekorasi yang sesuai dengan konsep warung kopinya. Alangkah beruntungnya jika rumah anda dekat tempat keramaian seperti kampus, sekola atau pasar.
Rata rata harga jual secangkir kopi di pinggir jalan bisa mencapai 5-10 ribu. Namun jika di analisa secara modal, harga secangkir kopi kisaran antara seribu sampai dua ribu. Keuntungan maksimal 50 % tentunya sangat mudah di dapat jika bisa menekan biaya lain seperti karyawan. Selain itu, anda bisa menambahkan menu lain seperti kue, gorengan, dan makanan ringan lainnya untuk menambah pemasukan

6. Usaha potong rambut pria

Jenis usaha ini jelas memiliki modal yang sangat kecil. Kemungkinan biaya hanya untuk membeli peralatan cukur, yang sifatnya tetap. Aritnya anda tak mengelurkan biaya lagi kedepannya. Apalagi bagi anda yang mempunyai gerai khusus untuk di jadikan lokasi. Ditambah, untuk jasa potong rambut pria tak memerlukan banyak perlengkapan.
Yang penting dan harus di perhatikan adalah lokasi yang strategis. Cari lah lokasi yang sering di lalui oleh orang, seperti pinggir jalan. Lalu perhatikan juga saingan. Apakah disekitar lokasi tersebut sudah ada jasa potong rambut apa belum. Jika sudah ada, cobalah cari tempat yang memang masih jarang sekali potong rambut.

7. Usaha Sayur keliling

Jika anda sering melihat pemandangan tukang sayur sedang di kerubuni ibu ibu, berarti tandanya memang usah jenis ini menguntungkan. Bisa di katakan iya, sebab sebagaimana yang kita ketahui biasanya perumahan atau kompleks jauh dari pasar. kemudian menyikapi persoalan ini, kita bisa melihat bagaimana pola konsumen seperti ini menginginkan kecepatan dan praktis. sementara itu sayur dan bahan makanan lain merupakan bahan pokok yang wajib di beli masyarakat setiap harinya.
Modal untuk usaha ini terbilang kecil dan sebaiknya anda sudah mempunyai supplier tetap di pasar. biasanya pasar induk, yang memang memiliki harga yang jauh lebih murah. Bahkan biasanya ada pedagang pasar yang siap di hutangkan, kemudia di bayar saat dagangan habis. Penghasilan anda jauh bisa lebih besar jika anda membeli sayuran langsung dari petaninya. Selain harganya jauh lebih murah, kesegarannya masih sangat terjaga.

8. Menjadi reseller toko online

Jenis usaha ini bisa di kantakan sebagai bisnis online tanpa modal. Anda bisa memulai bisnis hanya lewat HP. Anda bisa mulai mencari pedagang atau toko di web atau market place yang memang menyarankan reseller untuk masuk. Sementara untuk promosi, anda bisa memanfaatkan marketplace atau juga social media. Apalagi sekarang pengguna social seperti facebook dan instagran semakin hari semakin bertambah.
Selain menyediakan harga murah, cari lah toko yang memang mempunyai kualitas barang yang bagus. Cobalah beli 1 dan lihat kualitasnya. Jika memang dirasa masih kurang, lebih baik cari yang lain dari pada konsumen kecewa. Padahal barang itu bukan barang kita.

9. Jualan pulsa dan pembayaran Listrik

Jualan pulsa jelas tidak memiliki biaya dan modal yang besar. Bahkan ada beberapa agen yang sistemnya laku dulu, baru bayar. Sebab di era di gital seperti ini, bukan tidak mungkin pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok untuk berkomunikasi. Anda bisa menjajakan pulsa di komunitas besar seperti sekola, kampus, atau kerjaan. Anda juga bisa broadcast informasi bahwa anda jualan pulsa keteman Whatsapp. Dengan begitu orang akan ingat kesiapa mereka harus mengunjungi jika ingin membutuhkan pulsa.
Itulah Usaha Modal Kecil yang bisa anda lakukan untuk menambah omset pemasukan. Terkadang, menjadi karyawan saja tidaklah cukup. Diperlukan bisnis lain, terutama bisnis online tanpa modal dan lebih lagi  bisa di jadikan bisnis masa depan untuk anda dan keluarga.
Sumber
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-bisnis.html
https://hollago.id/info/9-contoh-usaha-modal-kecil-tanpa-modal-bersifat-bisnis-masa-depan/

0 Komentar